Top Social

Ngopi Cantik di Cafe Mungil WARISAN KOPI.

March 8, 2016


 Angkat tangan yang suka minum kopi !!~
yaaa, saya penggemar kopi... lebih tepatnya penggemar "baru" minuman satu ini.

papa saya adalah salah satu penggemar minuman ini juga, sejak mudaaa sekali.
 tiada hari tanpa kopi. secangkir besar kopi selalu menemani tiap paginya papa saya, selalu.... hahahhaha. tapi bedanya saya gak suka pakai gula, sensasi rasa pahit,asam, lebih menggoda lidah saya tanpa harus dikacaukan rasa manisnya gula :p

dulu sewaktu saya masih bersekolah saya di larang keras untuk minum kopi banyak-banyak oleh kedua orang tua saya, karena katanya minum kopi itu bisa "nagih" dan kalau udah "nagih" nanti suka gemetaran tangannya kalau nggak minum kopi. 

tapi, semenjak saya masuk jurusan DESAIN, dimana hari-harinya selalu begadang dan tidur telat. mendadak si kopi menjadi teman yang SEMPURNAAA untuk menemani galaunya nugas tiap malam, jadi ortu juga gak akan ngelarang da pasti ngertilah yaaa wkwkkww.
 
 nahh,  ceritanyasekitar hari jum'at beberapa bulan lalu, saya kala itu lagi cek-cek facebook dan tiba-tiba ada yang posting mengenai cafe imut yang menawarkan jenis-jenis minuman kopi di salah satu page kuliner Bandung. bagi saya yang mendadak antusias ingin mengenal jauh kopi, tanpa pikir panjang sayapun  langsung tertarik dan mengajak patner buat minum kopi bareng, apalagi kala itu studio kita juga lagi menggarap komik baru yang ada hubungannya dengan kopi.


 


taraaa~ ini nih cafe imutnya. berada di pojokan gitu. di jalan Sangkuriang kav 19-23 cimahi.
cafenya cukup mungil namun manis dan cozy sekali.


  

 nah ini counternya~ di dominasi material kayu dengan lighting warm yang benar-benar memunculkan kesan hangat.

 

 foto di atas adalah foto pemiliknya, pasangan suami istri yang sangaaaaaaaat ramah dan romantis sekali. saya sangat terbantu sekali oleh mereka, mereka rela banget di culik sebentar buat diwawancarai dan tanya-tanya tentang kopi hahahhaha



masnya juga sudah berpengalaman menjadi peracik kopi atau biasa kita sebut Barista. masnya udah hampir 15 tahun berkutat di dunia kopi, jadi gak usah ditanya ya mengenai keahliannya, gak akan nyesel deh dibikinin kopi sama masnya :D

dan bagi pemula seperti saya, melihat teknik-teknik membuat kopi yang bermacam-macam itu mendebarkaaan. saya memilih untuk memesan 2 cangkir kopi hitam, dengan 2 teknik berbeda, dan 2 jenis kopi yang berbeda pula. sedangkan, patner saya yang lebih suka memilih secangkir latte hangat yang manis (dia gak kuat sama rasa pahit) :)))






untuk teknik kopi pertama, saya di rekomendasikan menggunakan cyphon coffee maker. jadi alat ini menggunakan spiritus sebagai pemanasnya. ketika kontainer air di panaskan, tekanan dari uap air akan masuk ke dalam pipa kecil yang akan mengalirkan air panas menuju kontainer kopi. Di tempat kopi terdapat semacam filter yang akan menyaring ampas kopi dan akhirnya turun kembali ke kontainer bawahnya saat api dimatikan.

untuk kopinya sendiri saya memilih Java Arabica Coffee. kopi ini punya tingkat keasaman yang cukup rendah di banding kopi lokal lainnya. kopi ini emang udah terkenal banget sebagai kopi terbaik dunia sejak abad ke 18 :D



 untuk kopi kedua saya diberikan rekomendasi teknik Vietnam Drip atau dalam bahasa lokal di sebut Ca Phe. jadi, alatnya ini terdiri dari penyaring kopi berbentuk tabung mungil seukuran gelas kecil berwarna perak yang di taruh di atas gelas. 

Dilansir dari How To Brew Coffee, cara memakai alat itu adalah dengan meletakkannya di atas gelas kecil, lalu masukkan sekitar dua hingga dua setengah sendok makan bubuk kopi ke dalam alat saringan dan masukkan lempengan perak yang berlubang-lubang dan tekan bubuk kopi agar memadat di dasar saringan. 

Langkah selanjutnya adalah proses preinfuse kopi dengan menuangkan sekitar 20 mililiter air panas ke dalam saringan dan diamkan sebentar, kira-kira selama 20 detik, baru kemudian tambahkan 100 mililiter air panas. Untuk memertahankan suhu panasnya, pasang tutup di bagian atas alat penyaring.

Inilah saat proses menyeduh kopi dimulai. Secara perlahan kopi akan menetes sedikit demi sedikit ke dalam gelas.
(sumber : http://life.viva.co.id/news/read/721224-teknik-menyeduh-kopi-vietnam-drip)


untuk kopinya sendiri kalau tidak salah saya memilih Peaberry Batak atau biasa disebut dengan kopi lanang. kopi Peaberry ini adalah KOPI TERENAK yang pernah saya cicip, aseli suerr yang cewek-cewek yang gak suka rasa pahit kopi saya rekomendasikan kopi ini ya~ :')

cita rasanya yang asam dan sedikit pahit, serta wanginya yang mirip sale pisang itu selalu mengiang-ngiang di hati dan lidah sayaaa #cieelah :))



  

kata orang, minum kopi tanpa cemilan itu berasa makan sayur tanpa garam #aseek
aku sama patner-pun milih untuk memesan  sandwich dan kentang goreng. duaan udah kenyaaang dong wkwkwkw <mungkin tepatnya kenyang minum 2 cangkir kopi wkwkwkwk :p


untuk menu kopinya bisa dilihat di atas yaaa~
(harga dan jenis kopi mungkin dapat berubah-ubah)

bagi yang mau nongkrong cantik di cimahi, sekalian nanya-nanya tentang kopi bisa kok ke cafe yang satu ini. di jamin puass apalagi ownernya baik banget :')


WARISAN KOPI

jl Sangkuriang kav 19-23 Cimahi
brewing hours :
mon-fri- sun 10:00-23:00
saturday 10:00-00:00
bisa juga kontak Linenya : warisankopi_cimahi
BBM:5D684F96

makasih udah mantengin bloggku

salam sayang


1 comment on " Ngopi Cantik di Cafe Mungil WARISAN KOPI. "
  1. Salam ajj buat ownernya dari rizal izot cisangkan..
    Sukses terus yud...

    ReplyDelete

mari berkomentar yang baik dan sopan. jangan nyepam yaaa :p

Auto Post Signature

Auto Post  Signature