Top Social

MELAWAN KISTA RAHIM / KISTA OVARIUM : apa itu? dan bagaimana saya mengatasinya?

September 6, 2016


Kista... YAAAAA gue kena kista di rahim #shock YESS GUE SHOCK!
jadi memang sejak gue SMA gue punya kelainan siklus menstruasi yang parah banget, gue menstruasi 3 bulan sampai 4 bulan sekali. pernah juga sekali mens hampir sebulan. berasa pendarahan :((

gue udah ke berbagai dokter dan rumah sakit dan semuanya bilang kalau gue punya masalah sama hormon, yang memang di umur gue yang masih belasan menuju 20an itu masih wajar dan katanya bakal sembuh setelah menikah #unchhh :))

jadi sekitar 1 bulan yang lalu, gue mencoba untuk konsultasi dengan dokter kandungan (yes, dari umur gue belasan gue udah bersahabat baik sama dokter kandungan dan berada di sekitar ibu-ibu berbadan dua, gara-gara problem menstruasi tak teratur) gue awalnya di bilangin bahwa gue ada penebalan dinding rahim bagian kanan  (dan awalnya gue gak ngeuh itu namanya kista) dan akhirnya dokter menyarankan 2 hal ke gue : 

1.minum pil KB lagi buat meluruhkannya, tapi jika terus-terusan mengkonsumsi pil KB ada efek sampingnya seperti : gue bisa nambah gendut, jerawatan, dan jika ada riwayat keluarga kanker gue bisa kena kanker jinak di payudara. (ini opsinya gak wajib  karena aku juga belum menikah dan belum ada renca memiliki anak. kecuali, gue punya target buat melancarkan menstruasi)

atau 2. gue disuruh turunin berat badan gue yang semok naujubileh ini dengan olahraga pagi sama jemuran badan terutama area rahim di pagi hari di antara jam 9-11 pagi.

TENTUNYA gue milih no 2 laaah, karena gue terlalu takut ngebayangin badan gue makin bengkak, berjerawat, plus ada kankernya :(((

lalu, selang beberapa hari gue masih penasaran buat pergi ke RS lainnya buat lihat apa pendapat dokter di sana. DAAAN dokter ini bilang bahwa penebalan dinding rahim bagian kanan gue itu namanya KISTA OVARIUM dan gue shock...

Hasil USG di dokter kedua. ada kista sebesar 3 cm-an.
 mungkin dokter pertama maksudnya sama cuman yang kedua ini blak-blakan banget dan penyampaiannya sedikit berbeda dengan dokter pertama. karena dokternya juga seperti terburu-buru, gue berasa gak di jelasin secara gamblang apa itu kista, tau-tau dikasih obat aja yang HARGANYA MAHAL BANGET. udah dokternya telat, gak dijelasin jelas ini itu kenapa dan harus gimana, tau -tau gue dapet TAGAIHAN 400 ribu lebih   )&@*^)$)^@(*&@)$((@$   banget kan!

akhirnya gue pulang dengan perasaan shock dan gak jelas... gue  bertanya-tanya, gue bakal punya keturunan gak ya? kista itu apa? kok bisa muncul?? gue bingung dan... rada hancur ... :((

ya dengan pengetahuan gue yang minim mengenai kista ovarium gue berasa dunia sekitar gue mendadak hening karena merasa ini penyakit yang berbahaya #serius

gue mencoba bilang ke ortu tapi kalau lewat telfon atau bbm takut gimanaa gituu (secara gue kan anak rantau, jadi komunikasi sama bonyok cuman bisa lewat telfon atau bbm dan itu merupakan cara komunikasi yang gak efektif). gue pun akhirnya bilang ke doi gue, yang mungkin aja bisa bikin gue rada tenang gitu, EHH si doi malah ikut kaget pakai BANGET dan #GUE-MALAH-MAKIN-DOWN-DONG :((((

yaudah, akhirnya gue coba rada ngalemin diri dengan cara makan kupat tahu dulu di sebelah RS sambil nunggu dijemput doi.

sampai nunggu doi datang, gue mencoba cari tau dan browsing mengenai APA ITU KISTA RAHIM/OVARIUM? sambil makan kupat tahu yang ternyata rasanya biasa aja... padahal harganya mahal #HIKS

jadi KISTA RAHIM menurut www.alodokter.com adalah, benjolan berisi cairan yang berkembang pada indung telur (ovarium) wanita. Kondisi ini tergolong umum dialami oleh wanita. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Hadirnya kista di ovarium memang sulit terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala. Kista baru menampakkan gejala ketika telah berkembang.

jadi, dikarenakan aku juga belum menikah dan belum pernah berhubungan intim, aku belum bisa di periksa lebih lanjut, karena untuk diperiksa lebih lanjut lubang vagina aku harus dimasuki alat, untuk melihat kondisi  dalam rahim. tapi gue juga pasti kagak maulah #MASA-GUE-DIPERAWANIN-SAMA-ALAT #KAN-GAK-ASIK #EH :)))))

tapi sempet sih gue nanya ke bonyok baiknya gimana, nyokap gue sih bingung karena gue juga masih perawan soalnya takutnya selaput daranya robek karena dimasukin alat.

LUCUNYA gue sempet nanya pendapat doi gue mengenai hal ini... dan dia gak masalah sama hal itu, menurut dia selama itu untuk kesehatan gue dan itu yang terbaik dia gpp. dia malah balik ngejelasin ke gue menegani selaput dara itu apa? bentuknya gimana? bisa robeknya karena apa? dan dia bilang bahwa perawan itu gak bisa dilihat dari robeknya selaput dara. karena selaput dara itu dapat robek dengan mudah karena beberapa sebab.

lucu yaa? malah gue yang cewek yang di ajarin pengetahun mengenai hal semacam ini sama cowok #PARAH-LU-YUBI  :")))

singkat cerita akhirnya gue di kasih tau sama temen gue yang sempet kena kista ovarium juga untuk mencoba minuman-minuman herbal yaitu rebusan daun sirsak.

 gue beli daun sirsak di online shop, gue beli sekitar 1 kilo DAN ITU BANYAK BANGET ternyata isinya :"))))))))))

1 bungkusnya sekitar 500 gram jadi 2 bungkus udah 1 kilo, bisa digunakan sampai 4 bulanan mungkin kalau teratur dan rajin :D

gue rutin minum daun sirsak 10 lembar yang di rebus dengan 3 gelas air sampai menyisakan 1 gelas, lalu didiamkan selama 4 jam atau 8 jam, lalu diminum sampai habis. rasanya enak, seperti minuman cincau, tidak pahit malah sedikit manis menurut aku. enyaak lah :"))))))



aku juga menstop makan junk food, memulai hidup sehat dengan makan sayur dan buah. setiap pagi aku olahraga dan berjemur di sinar matahari pagi, terutama di area rahim selama lebih dari 1 bulan.



sekitar tanggal 6 september 2016 gue mencoba ke dokter lagi dan ALHAMDULILLAH hasilnya baik, udah gak ada lagi kistanya, bersih, walau sampai sekarang aku belum menstruasi di bulan ke 4. namun aku meminta dokter memberikan aku obat hormon karena aku ngerasa mulai gak nyaman di area perut. mulai kembung gak jelas, mungkin karena aku belum mens juga.

gue pun nanya, apa gue boleh ngelanjutin minum daun sirsaknya? kata dokter sih lanjutin aja, toh herbal gak ada efek samping selama minumnya gak berlebihan. atau mungkin dosis jumlah daunnya dikurangin :D


so kesimpulannya apa?

kalian yang terkena kista ovarium jangan panik dulu, selama dia masih tidak lebih besar dari 5 cm kalian masih bisa menyembuhkannya dengan cara minum rebusan daun sirsak, olahraga, berjemur, dan makan-makanan yang sehat. oh ya, kista itu bisa saja sembuh setelah kalian menikah dan sudah berhubungan intim dengan suami yang sah... TENTUNYA wkowkow :))


jangan takut untuk gak hamil, karena temen aku saja, yang punya kista ovarium 5 cm dan miom aja alhamdulilah di karuniai bayi yang sehat. pasien dokter aku yang mensnya gak lancar aja anaknya udah mau 5 kwowkokwokwo

sooo, jangan shock.. tetap semangat, utamakan kesehatan dan hidup sehat. kalau sudah mampu menikah, menikahlah karena setelah ke dokter kandungan beberapa kali, mereka selalu menyinggung mengenai hal itu dan kebanyakan teman saya yang pengalaman mens tidak lancar/kista ovarium kebanyakan sembuh setelah menikah wkowkowkowk :)))

8 comments on " MELAWAN KISTA RAHIM / KISTA OVARIUM : apa itu? dan bagaimana saya mengatasinya? "
  1. Aku juga kena kista..lebih parah dr kamu..dan minumin daun sirsak juga...dlu minta mbak dikampung buat bawain..klo beli dionlineshop belinya dimana ya?

    www.cleoputri.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak Putri, aku belinya di tokopedia, cari saja keywordnya "daun sirsak grade A" itu kualitasnya bagus, walau jujur saja harganya cukup mahal :)))

      Delete
  2. Belum cek sih, tapi siklusku sama kaya kamu dan gendut. I should see doctor ASAP. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ituuu... Kalau mensnya gak lancar kayak kuta emang, berasa perut gendut dan biasanya lebih terasa lebih langaing selesai mens... Soalnya kata dokternya ketumpyk gitu #hiks

      Iyaa cepet ke dokter yaa? Cepet sembuh kak :D

      Delete
  3. thank you sharingnya kak.. aku pernah pengalaman kista bartholini setelah beberapa bulan menikah, sempat bikin shock karena waktu itu belum hamil, sempat mikir bisa hamil apa nggak yaa.. akhirnya waktu itu terpaksa ambil tindakan operasi, alhamdulillah sebulan setelahnya langsung hamil :D
    mudah-mudahan saya terhindar dari kista ovarium dan lainnya, semoga mba juga tetap seehaatt yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah senanyaaa udah dapet momongan, aamiin sehat terus ya kak Baiq, salam buat si dd bayinya :D

      Delete
  4. thankyou sharingnyaa..
    aku kalo haid juga gak teratur, tapi setiap bulan pasti haid sih.. tapi suka ngareeeert gituuu..
    udah bilang ke mama, tapi katanya gapapa u,u *sok tau bat mama gue..
    salam kenao kaak

    hai-ija.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Sis.. Kalau blh tau kamu berobatnya ke dokter mana ya? Mksh sblmnya

    ReplyDelete

mari berkomentar yang baik dan sopan. jangan nyepam yaaa :p

Auto Post Signature

Auto Post  Signature