Top Social

Kuliah umum oleh Presiden Direktur BCA kepada Mahasiswa ITB

November 10, 2016
Pada tanggal 9 November 2016 kemarin saya di undang untuk mengikuti kuliah umum yang diberikan langsung oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja yang di selenggarakan di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada acara tersebut  Pak Jahja, berbagi pengalaman kepada mahasiswa mengenai bagaimana mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja melalui pengalaman Beliau sejak kecil hingga saat ini.


Kuliah Umum yang di berikan Oleh Pak Jahja


Situasi ketika Kuliah Umum Berlangsung

Kuliah umum ini di awali dengan cerita Pak Jahja ketika kecil, dimana menurut cerita beliau, kehidupannya sejak kecil itu tidak memiliki apa-apa, sekolah susah, dan serba sulit. Namun, beliau menceritakan bahwa hal tersebut bukanlah menjadi penghalang untuk menggapai cita-cita. Menurutnya, masalah finansial itu bukanlah hal utama yang harus dipermasalahkan. semangat, tekat kuat, dan mental pantang menyerahlah yang harus dimiliki agar kita bertahan untuk menggapai apa yang kita mau.

Rezeki akan selalu ada untuk kita yang benar-benar serius menggapai cita-cita yang baik, jadi jangan pernah menyerah menggapai apa yang kita inginkan :)

Salah satu hal yang Pak Jahja sampaikan juga pada kuliah umum ini adalah pentingnya menjalin hubungan silaturahmi semasa kuliah, melalui beragam organisasi dan kegiatan sosial yang ada. Hal tersebut sangat membantu dalam karir kedepannya.

Memang benar, proses menuju karir yang tinggi itu butuh waktu yang lama dan kesabaran, di tengah kehidupan yang serba instan saat ini.

Selain itu,  saya belajar dari Beliau bagaimana menyikapi perkembangan bisnis di era modern saat ini, menurut Beliau kita harus siap dan terus memantau perkembangan teknologi, karena tidak dapat dipungkiri kita hidup di zaman dimana teknologi terus berkembang.  Jika ingin maju ya kita harus up to date! selain itu beliau mengatakan pentingnya berkerjasama dengan pihak pebisnis lain. karena itu merupakan salah satu cara dalam mengembangkan bisnis kita lebih besar lagi.

Seperti kata Beliau saat seminar berlangsung  "Jangan takut kalah saing, mereka maju,  kita juga maju" 😊

Beliau mengutarakan pada kuliah umum tersebut bahwa di tahun 2020 ASEAN Banking Intergration Framework atau ABIF akan diberlakukan. dengan begitu peluang dan potensi perbankan dan pelaku bisnis Indonesia akan terbuka lebar untuk melakukan pengembangan di pasar ASEAN.

Saya pribadi sebagai seorang mahasiswi yang sebentar lagi akan menyelesaikan kuliahnya sekaligus sebagai seorang pebisnis pemula sangat terbantu sekali dengan kuliah umum ini. Banyak pelajaran baru yang saya dapatkan dari Pak Jahja, yang ketika kecil hidup sulit dan tidak memiliki apa-apa, hingga kini menjadi seorang Presiden Direktur di sebuah Bank Swasta di Indoneisa.

Saya senang sekali dengan kuliah umum ini, tidak hanya ilmu saja yang di dapatkan, namun motivasi, dan semangat juga semakin tinggi dalam menggapai cita-cita. ini bukti bahwa BCA berkomitmen untuk mendukung peningkatan SDM di Indonesia. 


Sesi Tanya Jawab


Sebelum sesi Kuliah umum selesai, mahasiswa di berikan kesempatan untuk mengikuti sesi tanya jawab antara mahasiswa dan Pak Jahja selaku penyampai kuliah umum. Di sini ada 6 mahasiswa yang terpilih untuk langsung bertanya kepada beliau,  ada yang bertanya mengenai bagaimana perkembangan bisnis di Indonesia menurut pandangan Beliau, ada juga yang bertanya mengenai tips mengelola usaha yang sedang dirintis, hingga mengenai bagaimana menanggapi permasalahan dan cara meningkatkan mental "never give up" untuk mencapai impian dan cita-cita.


Saya sebagai pendengar kuliah umum merasa "terwakili" oleh beberapa mahasiswa yang bertanya di sini, karena kebetulan pertanyaan yang diajukan memang cukup mirip dengan apa yang ingin saya tanyakan. 


Penyerahan hadiah kepada mahasiswa yang bertanya pada sesi tanya jawab

Foto bersama mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari BCA
Sebelum acara berakhir, Pak Jahja Setiaatmadja memberikan hadiah kepada mahasiswa yang mengikuti sesi tanya jawab, serta penyerahan Donasi Bakti BCA tahun ajaran 2016-2017 kepada mahasiswa ITB secara simbolis sebesar Rp 300 Juta oleh Kepala Kantor wilayah I BCA  Allan Sriwulandari kepada Wakil Rektor Pembelajaran dan kemahasiswaan UNPAD Arry Bainus dan disaksikan oleh General Manager Cosporate Social Resonsibility BCA Inge Setiawan
Post Comment
Post a Comment

mari berkomentar yang baik dan sopan. jangan nyepam yaaa :p

Auto Post Signature

Auto Post  Signature