Top Social

Ngomongin HFMD dan Tips Sederhana Agar Tetap Sehat Selama Travelling, Umroh, dan Naik Haji

July 16, 2017



Akhir-akhir ini gue lagi menaruh perhatian besar banget sama kesehatan. Semenjak gue sempat sakit beberapa bulan lalu, gue jadi sering banget nyari infomasi mengenai berbagai penyakit terutama penyakit yang menular dan cara mencegahnya.  mana sebentar lagi kita mau menghadapi musim ibadah haji dan umroh. jadi kebayangkan orang dari berbagai negara ngumpul di satu tempat. kita gak pernah tau seberapa sehat orang-orang disekitar kita nanti, manalagi negara Timur Tengah itu lagi mewabah penyakit MARS dan SARS yang katanya dapat berpotensi menjadi cikal bakal epidemi global.

Nah, selain penyakit MARS dan SARS, salah satu penyakit menular yang menarik perhatian gue itu adalah Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau bahasa Indonesianya Kaki, Tangan, dan Mulut (KTM). kayaknya asing ya dengan nama ini? sebenarnya nama lain dari HFMD ini adalah Flu Singapura, daaaan gue yakin banget kalian semua pasti pernah dengar dong nama penyakit ini?

HFMD ini sempet heboh banget di tahun 2000-an di Singapur. saking hebohnya pemerintah singapur sampai meliburkan dan menutup sekolah serta tempat umum lainnya ketika diberitakan ada 3 orang anak yang menjadi korban jiwa penyakit ini. 

Flu itu berasal dari virus, ada beberapa golongan tipe virus flu dari tingkat tidak berbahaya sampai yang berbahaya, dan virus HFMD ini merupakan salah satu virus akut yang menular dan berbahaya jika tidak ditangani secara serius terutama buat anak-anak. yang bikin gue miris itu penyakit ini dapat menjangkit anak-anak usia 2 minggu sampai 10 tahun yang masih rentan sekali. walau memang untuk orang dewasa penyakit ini cukup kebal, namun tidak menutup kemungkinan kita yang dewasa ini juga bisa terjangkit.

penularaan dari penyakit ini dapat terjadi dari kontak langsung dari cairan hidung, tenggorokan, saliva, dan tinja. masa penularannya itu kurang lebih selama seminggu. berikut merupakan ciri penderita penyakit HFMD :
  • pada hari ke 2-3 tidak demam namun mengalami sakit leher
  • tidak ada nafsu makan
  • pilek
  • mengalamiruam pada tangan dan kaki
  • timbul vesikel (lepuhan kecil berisi cairan) kemudian pecah
  • untuk virus tertentu, penderita ddapat mengalamidemam tinggi hingga 38 C




untuk mengatasi penyakit ini sebenarnya tidak ada terapi spesifik. karena pada dasarnya hal terpenting dalam mengatasi hal ini adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh dengan makan-makanan yang bergizi, memperhatikan jumlah cairan yang masuk ke tubuh, istirahat yang cukup, dan menggunakan obat-obatan yang tentunya dibawah pengawasan dokter.

Jujur aja gue yang ngeshare foto anak kecil yang menderita HFMD di atas aja gue gak tega, apalagi kalau yang terjangkit itu sodara atau anak kita sendiri, duh jangan deh. daripada nanti kita kerepotan karena udah terjangkit duluan, mending kita cegah penyakit ini dengan cara yang paling gampang dan paling murah. 

Berikut tips gue buat kalian agar terhindar dari penyakit HFMD terutama buat kalian yang doyan banget travelling atau yang sebentar lagi mau mengikuti Ibadah Umroh dan Haji  :
  • Hindari berdekatan atau kontak fisik seperti berciuman dan berpelukan dengan orang yang terinfeksi HFMD.
  • Jangan berbagi makanan ataupun peralatan makan dengan orang lain jika anda menduga salah satu dari Anda terinfeksi.
  • Jika anak Anda sakit, tetaplah berada di rumah. Penyakit dapat tertular jika orang tua menitipkan anaknya yang sakit ke tempat penitipan anak, dan hal ini dapat membahayakan anak-anak lainnya.
  • makan-makanan bergizi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh
  • Rajinlah cuci tangan dengan sabun antibacterial 
nah, dari semua poin di atas, salah satu cara yang paling sederhana dan efektif itu adalah menjaga kebersihan dan mencuci tangan. karena tangan itu merupakan salah satu penghubung antara virus diluar sana ke tubuh kita. Cara virus masuk ke tubuh kita ya macem-macem, bisa karena kita mengucek hidung, makan gak cuci tangan, atau gak sengaja pegang-pegang mulut dengan keadaan tangan kotor. apalagi jika kita habis dari tempat umum yang memungkinkan kita sering kontak dengan banyak orang.

Padahal dengan mencuci tangan, kita itu bisa mencegah minimal 10 penyakit yang bertebaran diluar sana. namun perlu diingat mencuci tangan ini ada tekniknya dan harus menggunakan sabun yang tepat. Agar pencegahan penularan penyakit melalui tangan ini lebih efektif.

kalau gue sih sukanya pakai sabun Betadine SC Antiseptik,  karena sabun Betadine SC Antiseptik ini beda dengan sabun yang lain.  Betadine SC Antiseptik mengandung povidone-iodine yang sudah dipercaya di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun, povidone-iodine adalah zat anti mikroba yang secara efektif terbukti dapat membunuh bakteri, virus dan jamur.

Betadine SC Antiseptik 60 ml


Buat gue sih sabun ini  harganya terjangkau banget sekitar Rp. 39.000-an buat yang 100 ml dan Rp. 28.000-an buat yang 60 ml. belinya pun gampang, gue sih sukanya beli di apotik deket rumah. tapi bagi kalian yang males keluar rumah, Betadine SC Antiseptik ini sudah bisa dibeli online di  JD.ID jadi buat yang gak mau rempong bisa banget pesen disana secara online lalu tinggal tunggu deh si mas JNE-nya nyamperin.

btw, gue suka banget bawa sabun Betadine SC Antiseptik yang 60 ml kemana-mana. soalnya mini gitu, dibawa pake tas kecil juga bisa. buat gue yang suka banget jalan dan makan, versi mininya ini bener-bener nyelametin gue banget kalau mendadak mau makan pake tangan secara “barbar” wkwkwkkw. gue juga suka pake ini buat mandi kalau habis nge-gym atau habis bebersih kandang kucing gue yang super duper kotor. jadi kalau mau makan pake tangan juga setelah melakukan aktifitas itu gue ngerasa "aman" karena tangan udah bersih dari kuman.

Betadine SC Antiseptik 60 ml


tekstur dari sabun ini cair, warna dan baunya percis banget sama produk betadine yang obat tetes luka. untuk busanya gak terlalu banyak tapi hasil akhirnya kesat dikulit tapi bikin kulit halus. buat yang gak suka sabun yang bikin licin, sabun ini cocok banget buat kalian !

Tekstur Betadine SC Antiseptik 60 ml


Busa Betadine SC Antiseptik 60 ml


tips terakhir buat kalian nih! gak afdol dong gue udah rekomen sabun kece tapi gak berbagi ilmu tata cara cuci tangan yang benar. berikut gambar yang bisa kalian pelajari bagaimana cara mencuci tangan yang benar agar tangan benar-benar bersih sempurna dari kuman :

sekian postingan gue, gue harap kalian lebih sensitif dalam menjaga kesehatan kalian. sehat itu mahal. kalau ada cara yang gampang dan murah buat mencegah ya kenapa nggak dicoba, jangan lupa share informasi ini ke orang-orang terdekat kalian :D

6 comments on " Ngomongin HFMD dan Tips Sederhana Agar Tetap Sehat Selama Travelling, Umroh, dan Naik Haji "
  1. aku baru apa itu HFMD. err ngilu liatnya :/ semoga kita semua selalu diberi kesehatan.

    www.isthiud.com

    ReplyDelete
  2. hiiii serem ya HFMD :o
    Alhamdulillah skrg udah ada Betadine sabun cair ya biar g kena

    ReplyDelete
  3. Haduh, serem ya kalo sampe kena penyakit langka gitu. Untung ada sabun antiseptik ampuh kaya Betadine ya kak.

    ReplyDelete
  4. Makanya cuci tangan itu penting ya. Serem juga kalo sampe kena flu Singapur ini. aku juga suka sama betadine ini, soalnya gampang dibawa kemana-mana hahahaha

    ReplyDelete
  5. Nah ini, gie juga bawain buat emak yang insya Allah minggu depan akan naik haji. MARS sama SARS emang 'nakutin' banget, lebih baik mencegah kan daripada mengobati.

    ReplyDelete
  6. Enak ya bisa masuk tas bisa dibawa kemana2 \m/

    ReplyDelete

mari berkomentar yang baik dan sopan. jangan nyepam yaaa :p

Auto Post Signature

Auto Post  Signature