Top Social

Ngobrolin Kosmetik Halal - Ep. 1 : Apakah L'oreal Halal?

May 21, 2018



Yang sering lihatin IG Story aku, pasti sudah hapal betul kalau aku lagi perlahan mencoba hijrah ke kosmetik halal. aku sudah 2 bulan ini gencar banget cari informasi mengenai hal ini dan mulai perlahan memilah-milah serta mencari tau semua status kehalalan semua kosmetik yang aku punya. nah, salah satu brand kosmetik yang biasa aku gunakan itu adalah L'oreal. aku sudah pakai produk L'oreal itu dari jaman aku SMA sampai sekarang. Jadi ga heran kalau aku penasaran mengenai status kehalalannya, ditambah lagi kalau aku perhatikan, produk mereka itu jarang banget mencantumkan logo halal pada produk kosmetiknya, aku cek di halalmui.org juga, dengan pencarian 'nama produk' dan keywoard L'oreal ternyata ga satupun nama produk mereka yang keluar.

Setelah aku coba pelajari dan aku cari tau, sebenarnya ada beberapa faktor yang mengakibatkan hal ini terjadi, beberapanya yaitu :

  1. Mereka emang tidak mendaftarkan status kehalalan produk mereka
  2. Produk mereka sedang dalam masa proses pendaftaran halalmui
  3. Mereka sudah mendaftar tapi mereka tidak melakukan publish pada saat pendaftaran sistem. jadi saat mencari statusnya di website pencarian produk halal. nama produk mereka tidak keluar.

Banyak banget faktor kemungkinan kenapa nama L'oreal tidak muncul pada pencarian sistem di halalmui.org. beberapa kali aku nanya halalmui, mereka bilang kalau emang ga ada dipencarian di website mereka, ya emang brandnya ga daftarin produknya (tapi ga ngerti deh, disini maksud emailnya ga daftarin sertifikasinya, apa ga daftarin dibagian pencarian nama produk halal di websitenya). Jadi daripada aku galau, akupun langsung bertanya saja kepada pihak brand-nya aja mengenai bahan-bahan kosmetik yang mereka gunakan, apa halal? apa kagak? dan berikut percakapan email antara aku dan pihak L'oreal : 

*******




Selamat sore, saya Yunisa dari Bandung. Saya ingin bertanya mengenai kehalalan produk L'oreal. Apakah untuk produk-produk L'oreal sudah terjamin halal? Seperti tidak menggunakan serta memproses produk dengan bahan dari babi, carmine ( E120), atau hewan buas?


Terutama mengenai kehalalan produk Michellar water l'oreal serta lipstik Pro-Matte Glossnya.

Terimakasih :)

Warm Regards,

Yunisa
Bandung, ID



Email ini, aku kirim tanggal 10 april, aku sebenarnya mikir bahwa email aku ini bakal dibalas lama, soalnya setiap nelpon CS-nya, ga pernah di angkat terus wkwkwk. Ehhh ternyata, 2 hari kemudian dibales dong! Ini nih salah satu hal yang bikin aku kagum sama L'oreal Indoenesia : "responnya gerecep!". berikut balasan email yang disampaikan mengenai pertanyaan di email aku yang sebelumnya.

*******


Dear Yunisa,



Terima kasih telah menghubungi Consumer Advisory.



L’Oreal sangat memahami bahwa ketaatan mengenai kehalalan sebuah produk sangatlah penting dan menjadi perhatian utama bagi konsumen Muslim kami.



Perlu kami sampaikan, L’Oreal Indonesia telah mendapatkan sertifikasi halal sejak tahun 1998 untuk beberapa merk produk. Kami juga menegaskan bahwa L’Oreal tidak menggunakan salah satu dari bahan-bahan berikut:



1. Bahan yang berasal dari makhluk hidup; bahan dari berbagai spesies langka dan terancam punah; bahan yang berasal dari babi (porcine), sapi (bovine), maupun kambing.

2. Bahan yang mengandung atau berasal dari domba (ovine), kecuali zat minyak yang diektraksi dari wol (lanolin).



L’Oreal selalu menerapkan dan menjalankan aturan ketat yang berkaitan dengan bahan baku yang digunakan dalam produk, maupun prosesnya secara keseluruhan mulai dari manufaktur, pengemasan, hingga proses penyimpanan.



Kami berharap informasi yang diberikan ini dapat membantu meyakinkan sesuai dengan keyakinan pribadi Anda.



Salam,

Consumer Advisory Dept.


From: Yunisa Yas Putri <yubikanobi@gmail.com>
Sent: Tuesday, 10 April, 2018 3:44 PM
To: L’ORÉAL Consumer Advisory <CONSUMERADVISORY@loreal.com>
Subject: Mengenai Produk



Hmm, walau produk mereka tidak menggunakan babi, tapi mereka masih menggunakan lanolin pada produk mereka. walau sebenarnya, lanolin itu masih menjadi peredebatan antar ulama mengenai status kehalalannya. jadi ada yang bilang halal, ada yang bilang ngga. nanti deh aku bahas lebih lanjut mengenai lanolin yaa, panjang kalau dibahas disini 😂

akupun setelah itu masih penasaran dong ya! walau sebenarnya mereka tidak menggunakan hewan haram sebagai bahan kosmetik mereka, tapi aku penasaran, apakah mereka menggunakan alkohol dan serangga (biasanya serangga Carmine) sebagai salah satu bahan pewarna dari kosmetik mereka (walau tetap, 2 bahan ini juga merupakan bahan yang masih dijadikan perdebatan antar ulama mengenai status kehalalannya, sama kaya lanolin tadi). berikut emailku :


*******


Selamat pagi,

Terimakasih atas balasan emailnya. Kalau boleh saya tau, untuk pewarna lipstik atau produk makeup lainnya. Apakah L'oreal menggunakan bahan-bahan dari serangga. Contohnya Carmine atau biasa dikenal dengan kode E120? 

Serta apakah L'oreal masih menggunakan alkohol pada produknya?

Terimakasih :)


dan seperti biasa, L'oreal pun gerecep membalas email aku. berikut balasan emailnya :


 *******
 


Dear Yunisa,

Terima kasih untuk tanggapan yang diberikan.

Sampai saat ini produk L’Oreal Indonesia belum ada yang mengandung Carmine. Selain itu, alkohol yang ada dalam komposisi produk, umumnya digunakan sebagai pelarut. Namun, alcohol yang digunakan adalah industrial alcohol, bukan jenis minuman atau khmer.

Semoga ini dapat menjelaskan. Terima kasih perhatian yang telah diberikan.

Salam,
Consumer Advisory Dept.

From: Yunisa Yas Putri <yubikanobi@gmail.com>
Sent: Friday, 13 April, 2018 11:26 AM
To: L’ORÉAL Consumer Advisory <CONSUMERADVISORY@loreal.com>
Subject: Re: Mengenai Produk

*******


Jadi, begitulah gais. mereka mengkalim bahwa sampai saat ini produk yang mereka jual di Indonesia belum ada yang mengandung Carmine atau biasa dikenal dengan kode E120. namun produk mereka sendiri masih mengandung alkohol, tapi alkohol yang mereka gunakan itu merupakan alkohol yang berfungsi sebagai pelarut atau mungkin media pencampur antar bahan kosmetik.

jadi kesimpulannya, Apakah L'oreal halal?

Selama produk yang di jual tidak ada cap halal dan tidak terdaftar pada HalalMui atau lembaga yang mengurus mengenai sertifikasi halal. aku tidak berhak mengatakan bahwa produk tersebut halal atau haram. karena, prosedur sertifikasi halal itu rumit ya? dan detail, ga hanya masalah bahan saja yang di teliti oleh pihak lembaga sertifikasi halal, melainkan media pembuatan, dan hal-hal lainnya yang pihak lembaga sertifikasi halal yang lebih tau.

jadi gimana baiknya, apakah aku masih boleh pakai produk yang ga ada label halalnya?

kalau pendapat gue pribadi sih boleh saja, walau emang lebih afdol-nya pake yang ada label halalnya. tapi, sebelum menggunakan atau membeli produk yang ga ada labelnya, biasanya gue bakal melakukan cek terlebih dahulu, agar aku ga merasa ragu dan "bersalah" pakai produk yang ngga ada label halalnya. berikut tips dari aku buat kalian yang mungkin ragu tapi masih pengen nyobain produk yang ga ada label halalnya :
  • cek dulu website lembaga sertifikasi halal, biasanya mereka menyediakan tools pencarian produk halal atau tabel daftar produk halal pada website mereka. karena  siapa tau pabriknya belum membuat logo halal pada produknya tapi ternyata produknya sudah terdaftar pada sistem lembaga sertfikasi halal. aku sering banget nemuin kasus kaya gini soalnya. plus jangan lupa perhatikan tanggal berlaku sertfikasi halalnya (ya siapa tau websitenya ga update-update).
  • kedua, jika tidak ada di pencarian website lembaga sertifikasi halal. kalian coba cek dengan cara menghubungi mereka melalui telfon atau email. siapa tau sudah terdaftar tapi perusahaannya lupa mem-publish daftar produknya pada website pencaraian produk halal.
  • ketiga, jika kedua hal itu belum menemukan titik terang (wkwkkkw). kalian tanya aja langsung ke pihak brandnya mengenai bahan yang digunakan pada produk mereka, apa halal atu ngga. sudah hak kalian sebagai konsumen untuk tau mengenai produk yang ingin kalian cari tau dan sudah kewajiban mereka untuk memberikan informasi kepada konsumen.
  • keempat, kalau ternyata cara pertama dan kedua tidak menemukan titik terang. cara ketiga, ternyata ga membuahkan hasil karena brandnya ga ngebales email kalian. ya cara terakhir cek satu-satu ingridients-nya. cara yang biasa gue pake untuk mengecek ingridients suata produk adalah dengan cara mencari daftar ingridients bahan halal dan haram kosmetik di internet, lalu gue cocokan pada daftar ingridient produk yang mau aku cek. walau cara ini ribet, tapi paling ngga kalian ada usahalah :))))

nah, kalau semua langkah udah kalian lakukan. ternyata emang ga ada bahan yang mencurigakan, ya pake aja sih. walau emang ga seafdol pake kosmetik yang ada label-nya. karena tetap aja yaa, kita ga tau gimana "proses" dibalik pembuatan kosmetiknya. tapi semua balik lagi ke pilihan masing-masing. minimal ada usaha cari tau ya ga bep? 😉

oke, sekian tulisanku. bagi kalian yang mungkin ingin aku membahas mengenai status kehalalan brand lain, atau mungkin ingin tau sudut pandang aku tentang suatu ingridents yang "mungkin" masih jadi perdebatan antar ulama. tinggal komen aja ya dibawah, Insya Allah dicoba cari data dan aku bahas di blog :))))
2 comments on " Ngobrolin Kosmetik Halal - Ep. 1 : Apakah L'oreal Halal? "
  1. Wah makasih banget infonya ya! Penting banget emang pake skincare/makeup halal buat kita ya, untungnya udah banyak yang halal, cuma mungkin kita belum tahu infonya aja. Hehe

    ReplyDelete
  2. Kalau menurut paham yang aku punya sih alkohol itu kalo ga diminum kan halal kayak buat pengobatan, pelarut gitu2 kan dia jadi sedikit mudharatnya. Ga bikin mabuk. Jadi aku biasa aja sih sama makeup/skincare yang ada alkoholnya.. kecuali karena aku ga cocok haha. Dan kecuali kalo pakenya alkohol wine, minuman keras. Bukan alkohol industri kayak yg disebutin di atas.

    ReplyDelete

mari berkomentar yang baik dan sopan. jangan nyepam yaaa :p

Auto Post Signature

Auto Post  Signature